Top Ad 728x90

Kamis, 05 Februari 2015

,

Pengenalan Javascript (Internal Script dan Ekternal Script)

Datablo : Pada kesempatan kali ini Saya akan memberikan sedikit gambar dasar/ pengenalan awal tentang Apa itu Javascript dan Bagaimana Sejarahnya serta Bagaimana cara penulisannya. sebelum kita melangkah pada proses yang ada pada javascript maupun contoh pengaplikasiannya.

1. Defenisi Awal : Menurut wikipedia, JavaScript adalah bahasa skrip yang populer di internet dan dapat bekerja di sebagian besar penjelajah web populer seperti Internet Explorer (IE), Mozilla, Netscape dan Opera. Kode JavaScript dapat disisipkan dalam halaman web menggunakan tag SCRIPT.

2. Sejarah Javascript :JavaScript pertama kali dikembangkan oleh Brendan Eich dari Netscape dibawah nama Mocha, yang nantinya namanya diganti menjadi LiveScript, dan akhirnya menjadi JavaScript. Navigator sebelumnya telah mendukung Java untuk lebih bisa dimanfaatkan para programmer yang non-Java. Maka dikembangkanlah bahasa pemrograman bernama LiveScript untuk mengakomodasi hal tersebut. Bahasa pemrograman inilah yang akhirnya berkembang dan diberi nama JavaScript, walaupun tidak ada hubungan bahasa antara Java dengan JavaScript.
JavaScript bisa digunakan untuk banyak tujuan, misalnya untuk membuat efek rollover baik di gambar maupun teks, dan yang penting juga adalah untuk membuat AJAX. JavaScript adalah bahasa yang digunakan untuk AJAX

3. Penulisan Javascript : terdapat beberapa cara yang perlu diperhatikan dalam penulisan javascript
yaitu script Internal dan script Eksternal.
 saya jelaskan dulu penggunaan
  • Javascript Internal yaitu penulisan yang dilakukan di dalam satu halaman tertentu. misalkan file javascript dijalankan di index.php.
<html>
<head>
<script type="text/javascript">
...
</script>

</head>
</html>
  • Javascript Eksternal yaitu penulisan yang dilakukan di luar halaman tertentu dan untuk menjalankan javascript eksternal perlu adanya pemanggilan file javascript tersebut.
<html>
<head>

<script type="text/javascript" src="alamat.js"></script>
//alamat.js adalah file eksternal yang dipanggil 
</head>
</html> 

Demikian penjelasan singkat tentang javascript. hal ini perlu untuk mengetahui perbedaan yang terjadi dalam kedua contoh penulisan di atas.  untuk lebih jelasnya, Anda bisa mencari referensi pada berbagai sumber lain yang ada. Salam Datablo

0 comments:

Posting Komentar

Top Ad 728x90