Top Ad 728x90

Minggu, 24 November 2013

Mysql Database Server

Mysql Database server

Sebelum masuk kepada pembahasan mengenai Mysql lebih jauh lagi, alangkah baiknya kita pahami dulu penjelasan singkat terkait dengan fungsinya sendiri. Nah, Mysql merupakan sebuah software manajemen database. Selanjutnya,
Apa itu Database??
Database itu yang banyak digunakan oleh para pembuat aplikasi dalam hal penyimpanan data dan  informasi. Contoh, Anda ingin menyimpan data dan informasi tentang perusahaan Anda. Nah Anda bisa mengelompokkan berbagai hal dalam bisnis menjadi beberapa tabel. Nah timbul pertanyaan lagi niii
Apa itu tabel dalam database???
Penasaran????
Komponen utama dari database itu sendiri adalah sebagai berikut :    
      a.       Tabel
Table merupakan inti konsep database. Tujuannya adalah menyimpan informasi. Di dalam satu database bisa mengandung banyak tabel yang mana tabel yang satu nantinya bisa dihubungkan dengan tabel yang lainnya. Itulah pengertian secara mendasar.
      b.      Query
      Nah kalo query digunakan untuk mengambil informasi tertentu yang disimpan di tabel atau multitable yang telah dibuat. Teman-teman harus menetukan parameter-parameter dari informasi yang ingin dicari
Contoh, Teman-teman ingin mengambil data pelanggan yang telah membeli barang jenis A. nah teman-teman haru mengisikan variable nama barang yang dimaksud.
Ex : Select * from nama_tabel WHERE jnis_barang=’A’ dan sebagainya.
Di dalam datable.blogspot.com ini, Saya akan lebih membahas mengenai aplikasi Mysql yakni aplikasi berbasis CLI(Command Line Interface) artinya aplikasi yang digunakan dalam pembuatan database berbasis text editor. Yaitu dengan menggunakan sistem ketik penuh di dalamnya.
Contoh script sederhananya:
PERTEMUAN II


Hasilnya akan seperti gambar berikut ini   :


Selanjutnya teman-teman bisa mendapatkan script lainnya hanya di datablo.blogspot.com

3 comments:

  1. Sensei,, materi ttg sql yg urut donk, kan biar org awam gak bingung bacanya. Buat materi mulai dr mysql db server, script2 sql, trus lanjut ke script memindahkan data.
    Materi spt sql tiap bln update donk sensei, kan biar tiap bln bs belajar dr datablo.
    Biarpun cuma info sederhana, tiap bln di update jg donk sensei info umumnya.
    Tulisan sensei bnyk salah cetak n ketik tuh, gak enak deh dibacanya.
    Oya sensei, ak kan mau lihat tampilan yg memindahkan data, tp kok pas diklik gambar malah balik lg ke judul, dibuat biar bs di donlot donk sensei.
    Tp q suka blog Sudar kun,, (ちち)

    BalasHapus
  2. haha...
    iya gambarnya udah di setting biar kembali ke linknya...
    klo mau donlod klik kanan aja lalu save image...

    makasih jg atas koreksinya...

    BalasHapus

Top Ad 728x90